Friday, April 4, 2008

Info KPR dan KPA

Istilah-istilah dalam KPR & KPA

Ada dua hal utama yang menjadi perhatian nasabah KPR, yaitu menyangkut bunga dan angsuran. Besarnya bunga akan menjadi beban biaya, dan besarnya angsuran akan mempengaruhi cash flow bulanan.

Jenis-jenis bunga:

  • Bunga fixed : tingkat suku bunga tetap selama jangka waktu yang ditentukan.
  • Bunga flat : tingkat suku bunga dimana suku bunga tidak akan berubah selama jangka waktu yang ditetapkan.
  • Bunga floating : tingkat suku bunga menyesuaikan dengan bunga pasar.
  • Bunga efektif : tingkat suku bunga diperhitungkan dari sisa pokok pinjaman.
  • Annuitas in arrear : bunga diperhitungkan terhadap jumlah pokok yang menurun. Angsuran pertama dibayarkan 1 bulan sejak pencairan kredit (in arrear).

Jenis-jenis angsuran:

  • Angsuran tetap : angsuran per bulan di bayar tetap hingga pelunasan. Meskipun ada kenaikan ataupun penurunan tingkat suku bunga, tidak akan mempengaruhi jumlah angsuran. Kompensasinya adalah jangka waktu pelunasan. Apabila secara relatif suku bunga naik, maka jangka waktu pelunasan akan lebih lama. Sebaliknya apabila secara relatif suku bunga turun, maka jangka waktu pelunasan akan lebih cepat. Kelebihan sistem angsuran jenis ini adalah dari sisi stabilitas pembayaran.
  • Angsuran mengambang (floating) : angsuran per bulan disesuaikan dengan tingkat suku bunga yang berlaku. Pada saat suku bunga naik berarti jumlah angsuran pun akan mengalami kenaikan. Dan sebaliknya pada saat suku bunga turun, jumlah angsuran akan mengalami penurunan.
  • Angsuran suka-suka :angsuran per bulan di bayar bebas. Kompensasinya adalah biaya bunga yang akan dibayar lebih mahal, apabila secara relatif jumlah angsuran nilainya kecil. Dan sebaliknya apabila secara relatif jumlah angsuran nilainya besar, maka biaya bunga yang akan dibayar menjadi lebih kecil. Kelebihannya system angsuran ini adalah dari sisi fleksibilitas.

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Bugatti Cars