Friday, April 4, 2008

Tips Berinvestasi

Dengan semakin banyaknya variasi instrumen investasi memberikan Anda banyak pilihan untuk menentukan isi portofolio, yang diharapkan mampu memenuhi tujuan dan kebutuhan investasi. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengalokasikan dana pada instrumen investasi tertentu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Sehingga keputusan investasi Anda tidak menjadi bumerang dikemudian hari.

1. Pelajari dengan detail setiap produk investasi

Jangan bersikap euphoria dalam menanggapi fenomena yang terjadi dalam dunia investasi. Misalkan ketika Anda mendengar cerita kolega yang NAB reksadana sahamnya meningkat hingga 100% hanya dalam waktu satu tahun. Ini memang bukan cerita bohong ataupun akal-akalan. Tetapi pelajari dahulu mengapa dan kenapa hal itu bisa terjadi.

2. Kenali dahulu karakter risiko dari produk investasi sebelum returnnya.

Terkadang logika kita terabaikan ketika datang tawaran yang menggiurkan untuk berinvestasi pada suatu produk investasi tertentu. Sementara strategi dalam menjual adalah mem-blow up kelebihan (return) dan mengaburkan kelemahan (risiko). Karena itu tempatkan risiko diawal sebelum return dalam mindset investasi Anda. Selanjutnya sesuaikan karakter risiko dari produk investasi tersebut dengan karakter risiko Anda. Apabila Anda adalah tipikal investor yang suka menghindari risiko (more risk averse) maka sebaiknya Anda tidak berinvestasi di pasar saham.

3. Sesuaikan kebutuhan investasi Anda dengan produk investasi

Jika kebutuhan investasi Anda bersifat jangka panjang misal untuk kebutuhan kulian putra Anda 10 tahun kedepan, maka Anda dapat berinvestasi di saham (atau reksadana saham) ataupun property. Apabila Anda mempunyai rencana untuk merenovasi rumah 4 tahun mendatang, reksadana campuran atau emas batangan dan koin dapat menjadi pilihan. Sementara untuk kebutuhan liburan Anda satu tahun kedepan Anda dapat berinvestasi di reksadana pasar uang atau pendapatan tetap.

Selamat berinvestasi!

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Bugatti Cars